-->

Cara Membuat Film Pendek untuk Siswa Tingkat SD, SMP dan SMA


Seorang pengkarya ingin memberikan yang terbaik untuk dipertontonkan
Membuat film pendek itu sangatlah mudah, bahkan untuk siswa SD, SMP dan SMA sekalipun. Film pendek berdurasi 1-2 menit adalah sebuah karya film yang sekiranya cukup menantang untuk bisa digarap bagi anak- anak hingga remaja. Sekarang, dengan teknologi yang sudah maju pembuatan film bisa dilakukan dengan menggunakan Smartphone, beserta aplikasi yang bisa di download untuk editing yang sangat sederhana. Film adalah sebuah karya yang harus ditonton setidaknya untuk kalangan sendiri, dan ini bersifat wajib karena itulah tujuan utama dibuatnya film yaitu untuk ditonton. Membuat karya film yang baik tentu dari dorongan pembuat film tersebut sehingga ingin diperlihatkan ke pada khalayak umum, dan seorang pengkarya ingin memberikan yang terbaik untuk dipertontonkan.

Untuk kalangan siswa SD, SMP dan SMA, tujuan membuat film pendek itu adalah untuk memahami terlebih dahulu terutama "bahasa visual". Cara membuat film pendek untuk pemula itu haruslah sederhana dan menghindari kerumitan. Untuk sekarang, membuat film pendek dengan android atau IOS itu sangat relevan karena cakupannya hanya untuk belajar.
Ada toleransi yang diberlakukan kepada mereka yang masih belajar
Sebelum memulai, harus diketahui terlebih dahulu diketahui bahwa "memproduksi" dan "belajar memproduksi" itu adalah dua hal yang sangat berbeda. Seperti halnya "memasak" dan "belajar memasak" yang sudah pasti menghasilkan cita rasa yang mana sangat berbeda dalam menikmati hasilnya. Artinya harus ada toleransi yang diberlakukan kepada mereka yang masih belajar. Seiring berjalannya waktu, melalui tindakan yang berulang dan juga sikap belajar yang konsisten maka nantinya akan terasah kemampuan mereka. Pada akhirnya mereka dapat menguasai kemampuan ini secara utuh. Ingat, untuk menjadi ahli itu tidak hanya butuh waktu, tapi juga arahan yang tepat. 

Banyak yang mengalami kesulitan dalam membuat film pendek karena menaruh harapan (ekspektasi) yang terlalu tinggi dan dibayangi oleh sinisme. Maka, artikel ini sengaja membahas hal - hal yang sederhana dan menghindari kerumitan teknis. Yang harus diperhatikan mengajar untuk tingkat siswa adalah semangat belajar lebih baik dalam suasana gembira dan bermain.
Gerakan objek, gerakan kamera dan transisi. Tiga bagian itu adalah elemen yang paling mendasar dan terpenting dalam visualisasi film
Khusus untuk pembelajaran ini, yang penting adalah peserta atau siswa dapat memahami penerapan visualisasi dalam media audio-visual. Visualisasi adalah sebuah cara berkomunikasi dengan cara menunjukan atau mengandalkan indera mata (visual). Visualisasi dipelajari dan secara praktek diterapkan, melalui apa yang dikenal dengan "bahasa visual". Visualisasi pada film tentu berpusat atau berintikan pada gerakan yang terdiri atas gerakan objek, gerakan kamera dan transisi. Tiga bagian itu adalah elemen yang paling mendasar dan terpenting dalam visualisasi film.


Dalam pembelajaran produksi film ini cakupannya meliputi siswa-siswi SD, SMP dan SMA. Tak terkecuali juga mereka yang berada di SMK broadcast atau multimedia. Para siswa bisa menggunakan lokasi - lokasi sekitar rumah dan sekolah. Peralatan yang bisa digunakan adalah barang - barang yang bisa ditemui secara umum seperti mainan, seragam dan lain-lainnya.
menonton film itu adalah salah satu bentuk apresiasi yang sudah menyatu dalam perfilman.
Total waktu untuk proyek kecil ini adalah 4 jam dengan rincian; membuat cerita berdurasi 1 jam, syuting (pengambilan gambar) berdurasi 1 jam kemudian waktu untuk editing adalah 1 jam kemudian dan yang paling penting dan tidak bisa dipisahkan adalah screening (menonton bersama keluarga, kawan atau umum). Harus dipahami bahwa film adalah bagian terpenting dari masyarakat sehingga menonton film itu adalah salah satu bentuk apresiasi yang sudah menyatu dalam perfilman.

yang harus diperhatikan dalam persiapan membuat film pendek untuk siswa tingkat SD, SMP dan SMA:
  1. Tim beranggotakan 3-6 Orang
  2. Smartphone dengan kamera 16/18 mp, memory card 8-16 GB
  3. Aplikasi editing pada smartphone, inshot atau kinemaster. (Pilih salah satu)
  4. Peralatan untuk membuat film pendek atau properti bisa menggunakan mainan, seragam atau lainnya yang mudah ditemui dalam keseharian.
Itulah artikel Cara Membuat Film Pendek untuk Siswa Tingkat SD, SMP dan SMA, diharapkan pembaca dapat mengikuti langkah - langkah pembuatan film pendek yang efektif dan efisien. Bagaimana menurutmu?

0 Response to "Cara Membuat Film Pendek untuk Siswa Tingkat SD, SMP dan SMA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel